PENERAPAN METODE ALGORITMA BELLMAN-FORD DALAM APLIKASI PENCARIAN INDEKOS DI KECAMATAN GADING CEMPAKA

Yogi Alfioza(1), Eka Sahputra(2),


(1) Universitas Muhammadiyah Bengkulu
(2) Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Corresponding Author

Abstract


Kecamatan Gading Cempaka memiliki beberapa universitas atau perguruan tinggi salah satunya Universitas Muhammadiyah Kampus 4. Melihat hal tersebut dapat disimpulkan bahwa banyaknya mahasiswa yang ada didaerah tersebut tentu akan didapati bahwa akan banyak indekos yang ada disekitar Kecamatan Gading Cempaka. Namun saat ini dimana perkembangan teknologi sudah maju, kebanyakan mahasiswa kesulitan untuk mencari informasi indekos yang dekat dengan kampus mereka. 

Dalam penelitian ini di lakukan penerapan perhitungan metode Bellman-Ford yang bertujuan untuk mencari jalur terpendek dalam pencarian lokasi indekos yang ada diKecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu. Metode Bellman-Ford tersebut menghitung semua jalur dari tempat asal ke tempat tujuan yang terbentuk dalam suatu graf agar di temukan jalur terpendek berdasarkan data yang di dapat dari peta, data-data tersebut yaitu jarak jalan, titik persimpangan jalan dan koordinat tempat asal dan tujuan. Dengan simulasi perhitungan dengan mengambil peta dari open street map yang di dalamnya terdapat informasi jarak jalan, titik persimpangan jalan, koordinat tempat asal dan tujuan. Metode Bellman-Ford ini menghitung jumlah jarak jalan antara tempat asal dengan beberapa persimpangan jalan yang akan dilaluinya pertama kali dengan nilai paling terkecil sehingga akan mengetahui jalan mana yang akan dipilih selanjutnya, dan persimpangan terpilih sebagai titik awal perhitungan yang berikutnya. proses perhitungan tersebut akan diulang sejumlah titik persimpangan yang ada sampai mendapatkan jumlah jarak jalan terpendek menuju tempat tujuan. Dari proses simulasi, bahwa metode Bellman-Ford bisa digunakan untuk menentukan jalur terpendek atau lokasi terdekat dari titik kosan dengan titik kampus.


References


Ester T. (2019). Pencarian Rute Terpendek Menggunakan Algoritma Bellman Ford (Studi Kasus: PT. JNE Medan), STMIK Budi Darma, Medan

Fenny A. (2015). Penerapan Metode Algoritma Bellman– Ford Dalam Aplikasi Pencarian Lokasi Perseroan Terbatas Di Pt. Jakarta Industrial Estate Pulogadung (PT. JIEP). Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Husien, R. (2003). Konsep dasar Sistem Informasi Geografis.jakarta.

M Shalahudin, &. R. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika Bandung.

Muthohari, A. D. (2016). Pengembangan Aplikasi Kasir Pada Sistem Informasi Rumah Makan Padang Ariung. Teknologi Garut: Jurnal Sekolah Tinggi Teknologi Garut.

Nofriadi. (2015). Java Fundamental Dengan Netbeans 8.0.2. Yogyakarta: Deepublish.

Salbino, S. (2014). Buku Pintar Gadget Android Untuk Pemula, Jakarta: Kunci Komunikasi.

Sirenden, B. (2013). Aplikasi Petamu Menggunakan Codeigniter dan Google Maps APi. Andi. Yogyakarta.

Syahwari, H. (2012). Analisis Dan Perancangan Sistem Web Kos-Kosan Berbasis Client/Server Sebagai Sarana Pelayanan Jasa Dan Informasi. Yogyakarta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 14 times
PDF Download : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.