APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG UNTUK PEMULA PADA SMARTPHONE ANDROID

Authors

  • Anderi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • diana diana Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Khairullah Khairullah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Dedy Abdullah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Negara Jepang adalah salah satu negara di benua Asia yang memiliki banyak daya tarik yang bisa memukau banyak orang. Budaya pop dari Jepang seperti Anime, Manga, dan lagu telah memikat banyak orang untuk tertarik dengan negara Jepang. Standar pendidikan dan standar gaji yang tinggi juga membuat banyak pelajar dan pekerja yang ingin pergi ke Jepang untuk menempuh pendidikan atau bekerja disana. Oleh karena itu sangatlah penting untuk bisa mempelajari bahasa Jepang. Pemanfaatan smartphone dapat membantu banyak orang untuk dapat belajar bahasa Jepang melalui aplikasi-aplikasi di smartphone. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah membuat aplikasi pembelajaran bahasa Jepang untuk pemula. Dalam pembuatan aplikasi pembelajaran bahasa Jepang untuk pemula pada smartphone Android menggunakan Android Studio dan Android SDK dalam proses pembuatannya. Di dalam aplikasi yang dibuat terdapat materi yang mengajarkan tentang pola kalimat di bahasa Jepang, huruf-huruf Jepang yaitu huruf Hiragana, Katakana, dan Kanji, serta kosakata bahasa Jepang yang umum dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

References

F. Djafri, “Book Review ‘Jizoku Kanou na Daigaku no Ryuugakusei Seisaku: Ajia Kakuchi to Renkei Shita Nihongo Kyouiku ni Mukete,’†JLA (Jurnal Ling. Appl., vol. 3, no. 1, p. 53, 2019.

A. T. Turistiati, “Strategi Adaptasi Mahasiswa Indonesia di Nara Jepang: Tinjauan Komunikasi Antarbudaya,†J. Ilmu Komun. IDIK, vol. 1, no. 1, pp. 75–76, 2019.

L. Wahidati and D. Rahmawati, “Persepsi Mahasiswa tentang Kesulitan yang Dihadapi Saat Menempuh JLPT: Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Bahasa Jepang Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada,†JLA (Jurnal Ling. Appl., vol. 3, no. 1, p. 42, 2019.

Muharto and A. Arisandy, Metode Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

T. T. Shiang, Kiat Sukses Mudah Praktis Mencapai N5 Metode Gakushudo. Gakushudo, 2015.

Downloads

Published

2022-07-13

How to Cite

Kurniawan, A., diana, diana, Khairullah, K., & Abdullah, D. (2022). APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG UNTUK PEMULA PADA SMARTPHONE ANDROID. Journal Innovation Informatics (JII), 1(3), 160–169. Retrieved from https://jurnal.imsi.or.id/index.php/jii/article/view/104

Issue

Section

Articles