PEMBELAJARAN BANGUN RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN MENGGUNKAN MARKER AR

Authors

  • Muhammad Renal Rafiko Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Dandi Sunardi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Metode yang digunakan digunakan yaitu model Incremental, media pembelajaran bangun ruang 3d saat ini masih konvensional, pihak sekolah maupun tenaga pengajar merasa kesulitan dalam pengadaan alat peraga sebagai sarana media pembelajaran bangun ruang 3d. Tujuan penelitian ini adalah Membuat madia ajar bangun ruang berbasis Augmented Reality untuk membantu proses pemebelajaran mata pelajaran Matematika pada sub poko bahasan geometri dan pengukuran mengenai bagun ruang. Di pandang dari aspek kognitif, siswa juga merasa kesulitan dalam memahami objek bangun ruang 3d, karena tanpa alat peraga mereka hanya mampu membayangkan saja atau mengimajinasikan sendiri objek bangun ruang 3d tersebut. Dalam penelitian ini kami merancang dan membangun suatu aplikasi model pembelajaran interaktif pada objek geometri kubus, balok, prisma, tabung, kerucut, dan bola sebagai sarana pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar. Diharapkan aplikasi ini dapat menjadi alat bantu bagi para guru matematika dalam menyampaikan materi bangun ruang 3d. Tercatat hasil evaluasi instrument penilaian menunjukkan 85% atau sebagian besar guru berpendapat bahwa dengan adanya aplikasi alat bantu peraga bangun ruang 3D ini dinilai dapat meningkatkan pemahaman siswa Sekolah Dasar mengenai mata pelajaran matematika sub materi bangun ruang 3D. Begitu pula dengan menggunakan aplikasi ini ternyata 85% mempermudah tugas para guru dalam menyajikan materi, dan mempersingkat durasi waktu yang dibutuhkan dalam penyampaian materi. Tercatat selisih 10 menit antara pembelajaran yang menggunakan aplikasi dengan kelas pembelajaran yang tidak menggunakan aplikasi tersebut.

References

Abdul, Majid. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya

Nincarean Danakorn dkk.2013. “Mobile Augmented Reality: the potential for education†dalam 13thInternational Educational Technology Conference diunduh dari sciencedirect.com diakses pada tanggal 4 Maret 2014.

Kesim,Mehmet dkk.2012. “Augmented reality in education: current technologies and the potential for education†diunduh dari sciencedirect.com diakses pada tanggal 3 Maret 2014.

Apri Santoso dan Elki Noviandi. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Organ Tubuh Berbasis Augmented Reality. Palembang: Elektronik Jurnal STMIK MDP

Achmad Rifa’I dan Chatarina Tri Anni.2009, Psikologi pendidikan.Semarang Unnes Press.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Silva dkk.2003.â€Introduction to Augmented Reality†diunduh dari www.lncc.br diakses pada tanggal 6 Maret 2014.

Olwal.2010.â€An Introduction to Augmented Reality†diunduh dari www.csc.kth.se diakses pada tanggal 5 Maret 2014.

Safaat,Nazruddin h. 2012. †Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis android, Cetakan Pertama, Edisi Revisi, Penerbit Informatika Bandung.Bandung

Bintarto, Sandjarjo. 2013. “Perancangan Aplikasi Pengenalan Beberapa Bagian Candi Borobudur Berbasis Augmented Realityâ€. skripsi.Fakultas Teknik, Teknik Elektro.Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

Rafiko, M. R., & Sunardi, D. (2022). PEMBELAJARAN BANGUN RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN MENGGUNKAN MARKER AR. Journal Innovation Informatics (JII), 1(3), 152–159. Retrieved from https://jurnal.imsi.or.id/index.php/jii/article/view/105

Issue

Section

Articles