SELEKSI DALAM MENENTUKAN KELAYAKAN SISWA PESERTA LOMBA SAINS MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER SHAFER

Authors

  • deki rahmad Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Dwita Deslianti
  • Ardi Wijaya
  • Khairullah Khairullah

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam pembangunan suatu bangsa. Pendidikan yang baik akan melahirkan manusia dengan kualitas yang baik pula. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam proses belajar mengajar terutama dibidang minat belajar siswa. Untuk meningkatkan minat belajar siswa diperlukan suatu persaingan diantara siswa itu sendiri yang mana nantinya akan berpengaruh dalam kepentingan belajar. Lomba sains merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas para siswa melalui perlombaan yang diharapkan ada siswa unggulan yang bisa membuat penemuan baru untuk kemajuan sains di Indonesia. Siswa dapat mengukur kemampuan yang dimilikinya dengan menjawab pertanyaan secara cepat dan tepat dimana pertanyaan yang diberikan seputar ilmu pengetahuan yang terdiri dari banyak bidang ilmu. Melalui suasana perlombaan membuat siswa merasakan adanya persaingan baik antar peserta maupun sesama tim yang sedang ikut berlomba. Perkembangan teknologi saat ini bisa digunakan untuk membantu proses seleksi peserta perlombaan yang dapat menghemat waktu  dan  tenaga  sehingga  dapat  melakukan  persiapan  lomba  lebih  awal. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah sistem pengambilan keputusan. Sistem Pendukung  Keputusan  (SPK)  atau  Decision  Support  System (DSS) merupakan sistem yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah dengan kondisi semi terstuktur dan tak terstruktur. Aplikasi idenfikasi terbaik dalam kelayakan siswa peserta lomba sains menggunakan metode dempster shafer berhasil dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Aplikasi bisa menampilkan rekomendasi siswa/siswi untuk menjadi peserta lomba sains. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat membantu proses seleksi siswa yang dapat mengikuti lomba sains menjadi lebih efisien.

References

A. G. F. Simanjuntak, D. Hartama, and I. O. Kirana, “Penerapan SPK Dengan WSM Untuk Menentukan Faktor Rendahnya Minat Beternak Ayam Broiler,” Semin. Nas. Teknol. Inf. 2018, pp. 286–290, 2018.

R. Setiawan, C. Suhery, and S. Bahri, “Implementasi Metode Dempster Shafer Pada Sistem Pakar Diagnosa Infeksi Penyakit Tropis Berbasis Web,” J. Coding, Sist. Komput. Untan, vol. 06, no. 03, pp. 97–106, 2018.

A. Wijaya, S. Kom, M. Kom, S. Kom, and M. Kom, “Metode Farnsworth

Munsell Berbasis Android,” J. Sci. Appl. Informatics, vol. 3, no. 1, pp. 41–48,

Ilmiah, J., Komputa, I., Volume, E., Issn, A., & Juansyah, A. (2015).

PEMBANGUNAN APLIKASI CHILD TRACKER BERBASIS ASSISTED – GLOBAL POSITIONING SYSTEM ( A-GPS ) DENGAN PLATFORM ANDROID Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA ).

M. Utami and Y. Apridiansyah, “Implementasi Algoritma Sequential Searching Pada Sistem Pelayanan Puskesmas Menggunakan Bootstrap (Studi Kasus Puskesmas Kampung Bali Bengkulu),” JSAI (Journal Sci. Appl. Informatics), vol. 2, no. 1, pp. 81–86, 2019, doi: 10.36085/jsai.v2i1.166.

M. Syarif and W. Nugraha, “Metode Incremental Dalam Membangun Aplikasi Identifikasi Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Jusikom J. Sist. Komput. Musirawas, vol. 4, no. 1, pp. 42–49, 2019, doi: 10.32767/jusikom.v4i1.441.

M. F. Fanani, Sholiq, and F. A. Muqtadiroh, “ImplementasiMetode Incremental Dalam Membangun Aplikasi Use Case Point Pada Perusahaan DTS,” Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia. pp. 169–174, 2015.

Downloads

Published

2023-05-21

How to Cite

rahmad, deki, Deslianti, D., Wijaya, A., & Khairullah, K. (2023). SELEKSI DALAM MENENTUKAN KELAYAKAN SISWA PESERTA LOMBA SAINS MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER SHAFER. Journal Innovation Informatics (JII), 2(1), 203–213. Retrieved from https://jurnal.imsi.or.id/index.php/jii/article/view/126