ANALISIS PERBANDINGAN METODE SAW DAN METODE AHP TERHADAP GURU BERPRESTASI

Authors

  • Eni Sulastri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Marhalim Marhalim Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ardi Wijaya Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Muntahanah Muntahanah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Perbandingan Metode SAW dan Metode AHP Terhadap Penilaian Guru Berprestasi. Bagaimana sistem pendukung keputusan perbandingan penilaian guru berprestasi menggunakan metode SAW dan metode AHP untuk dapat merekomendasikan kasus SMKN 9 Bengkulu Utara Sistem pendukung keputusan ini menggunakan 2 metode SAW dan AHP. Metode SAW  dipilih karna mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut, dan AHP dipilih karna metode ini menentukan nilai bobot untuk setiap artribut atau kriteria, kemudian dilanjutkan dengan proses perengkingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif yang ada. Berdasarkan hasil pembahasan perbandingan metode SAW dan AHP yang dilakukan dengan data guru PNS SMKN 9 Bengkulu yang terpilih menjadi guru berprestasi adalah Muhammad Yusuf S.Pd, M.Pd dari  Hasil perangkingan diperoleh Nilai terbesar ada pada V1 = 92.5 dengan demikian alternatif  yang terpilih adalah A1, yang mengunakan metode SAW. Dari perbandingan SAW dan AHP yang lebih akurat adalah metode SAW.

References

R. D. Heriyantoro, M. I. Dzulhaq, and L. S. M. Silitonga, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Guru Berprestasi dengan Metode AHP dan SAW pada SMA Markus Tangerang,” Acad. J. Comput. Sci. Res., vol. 2, no. 2, 2020, doi: 10.38101/ajcsr.v2i2.284.

J. Mantiri, “PERAN PENDIDIKAN DALAM MENCIPTAKAN SUMBER DAYA MANUSIA BERKUALITAS di PROVINSI SULAWESI UTARA,” J. Civ. Educ. Media Kaji. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 3, no. 1, 2019, doi: 10.36412/ce.v3i1.904.

M. Hamzah and A. Faruq, “Meningkatkan Mutu Guru,” J. Din. Manaj. Pendidik., vol. 5, no. 1, 2020.

Ngatawi and I. Setyaningsih, “Analisis Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Ahp,” J. Ilm. Tek. Ind., vol. 10, no. 1, 2011.

R. H. Saputra, D. Novitasari, W. Waziana, and R. Kridianto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik Berbasis WEB Menggunakan Metode AHP Pada SMK Negeri 1 TALANGPADANG,” J. Ilm. Nas. Ris. Apl. dan Tek. Inform., vol. 01, no. 02, 2019.

Downloads

Published

2023-06-04

How to Cite

Sulastri, E., Marhalim, M., Wijaya, A., & Muntahanah, M. (2023). ANALISIS PERBANDINGAN METODE SAW DAN METODE AHP TERHADAP GURU BERPRESTASI . Journal Innovation Informatics (JII), 2(1), 184–193. Retrieved from https://jurnal.imsi.or.id/index.php/jii/article/view/127