RANCANG BANGUN AIATEM E-VOTING UNTUK PEMILIHAN RAYA BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA

Authors

  • Henri Kartiko Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Pahrizal Pahrizal Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yulia darmi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ardi Wijaya Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Pemungutan suara (voting) merupaka suatu kegiatan pemilihan umum yang dilaksanakan dimana saja dan diseluruh wilayah negara, khususnya di Universitas Muhammadiyah Bengkulu.  Metode pemilihan yang diterapakan di Universsitas Muhammadiyah Bengkulu yaitu pemilihan konvensional dalam hal tersebut banyak kekurangan dari segi media, biaya, dan waktu yang kurang efisien. Dengan berkembangnya teknologi informasi maka digunakan alternatif dari pemilihan konvensional yaitu electronic voting (e-voting). Pada sistem ini pemilih tidak lagi memilih dengan media kertas  sebagai penyampai suara dan semua fungsi dilakukan secara otomatis oleh sistem. Sistem dibangun menggunakan pemrograman PHP dan Database MySQL. Sistem ini juga dapat diakses dimana saja dengan menggunakan web browser yang terkoneksi dengan internet.

 

 

References

M. Arifin and H. H. Sajono, “Analisa Dan Perancangan Sistem E-Voting Di Universitas Muria Kudus,” Semin. Nas. Sist. Inf. Indones., no. 1, 2016.

Khairullah, B. Soedijono, and H. Al Fatta, “Pengukuran kualitas sistem informasi inventaris aset Universitas Muhammadiyah Bengkulu menggunakan metode McCall,” J. Inf. Interaktif, vol. 2, no. No. 2, pp. 84–92, 2017, [Online]. Available: http://www.e-journal.janabadra.ac.id/index.php/informasiinteraktif/article/view/443/337.

M. Yusriannur, “Aplikasi E-Voting Berbasis Web Untuk Menunjang Pemilihan Presiden Mahasiswa Pada Universitas Dian Nuswantoro Semarang,” Eprints Dinus, pp. 1–6, 2019.

Y. Ikhwani, “Analisis Dan Rancangan Sistem E-Voting Pemilihan Ketua Osis,” Technol. J. Ilm., vol. 9, no. 3, p. 138, 2018, doi: 10.31602/tji.v9i3.1382.

Downloads

Published

2023-06-04

How to Cite

Kartiko, H., Pahrizal, P., darmi, Y., & Wijaya, A. (2023). RANCANG BANGUN AIATEM E-VOTING UNTUK PEMILIHAN RAYA BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA. Journal Innovation Informatics (JII), 2(1), 194–202. Retrieved from https://jurnal.imsi.or.id/index.php/jii/article/view/128