SISTEM SMART DOOR LOCK DENGAN RFID (RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION) DAN IRAMA KETUKAN BERBASIS ARDUINO UNO R3

Authors

  • Yudha Utama Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Harry Witriyono Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Khairulloh Khairulloh Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nuri David Maria Veronika Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Dahulu ketika manusia ingin menyimpan barang berharga yaitu dengan dipendam dalam tanah, beberapa ada yang disimpan di tempat tidurnya, namun semakin berganti tahun lebih memilih menyimpan di dalam sebuah tempat seperti kotak yang ada dalam ruangan khusus. Pada zaman yang canggih seperti saat ini, teknologi berkembang dengan sangat cepat dan mampu memberikan solusi permasalahan manusia pada saat ini seperti masalah keamanan kunci pintu ruangan. Ada beberapa cara untuk sistem membuka pintu otomatis seperti RFID dan ketukan. Cara penggunaan alat ini yaitu mendekatkan RFID tag ke RFID reader dan kemudian mengetuk pintu dengan irama ketukan lambat-lambat yang sudah didaftarkan dengan jumlah ketukan sesuai yang didaftarkan kemudian sensor RFID akan mengenali RFID tag dan LED merah menyala kemudian sensor piezoelektrik akan merespon ketukan dengan ditandai berkedip LED hijau sebanyak ketukan yang diinputkan kemudian diproses oleh arduino dan diteruskan kepada relay yang akan memberi perintah kepada solenoid untuk membuka pintu apabila benar, dan tetap tertutup jika RFID tag dan atau irama ketukan salah dan apabila salah LED merah akan menyala. Apabila akan mengganti dengan RFID tag yang lain dan irama ketukan yang baru sistem akan merekam dan menyimpan sebagai pola yang baru. Apabila pemilik ruangan ingin membuka pintu dari dalam maka cukup menekan tombol push button secara otomatis pengunci akan terbuka. Dengan demikian alat pengaman pintu dengan sensor RFID dan sensor ketukan piezoelectric ini berjalan dengan baik.

References

Adi Ahmad, M. I. (2020). Sistem Membuka Pintu Dengan Ketukan Bernada Menggunakan Mikrikontroler Atmega328. Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), 1.

Dadang Haryanto, B. N. (2019). Sistem Kunci Pintu Rumah Berbasis Arduino Uno Dengan Irama Ketukan. Jurnal Manajemen Dan Teknik Informatika, 1.

Dita Nur Ismi, S. F.-A. (2016). Pintu Morse: Kode Ketukan Pada Pintu Berbasis Mikrokontroler Sebagai Sistem Penguncian, Bel Pintu,. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif, 124.

Djuandi, F. (2011). Pengenalan Arduino. Pengenalan Arduino www.tobuku.com 27 Agustus 2015.

Fahrizal Akhbarlilah Perdana Buana, I. S. (2020). Keamanan Kunci Ruang Dosen Elektro UMSIDA Menggunakan Ketukan Berbasis Arduino. Jurnal INTAKE, 1.

Givy Devira Ramady, R. J. (2019). Sistem Kunci Otomatis Menggunakan Rfid Card Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno R3. Isu Teknologi Stt Mandala, 28-32.

Hendri, H. (2017). Sistem Kunci Pintu Otomatis Menggunakan Rfid (Radio Frequency Identification) Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno R3. UPI YPTK Jurnal KomTekInfo, 29-39.

Sugiyono. (2012). In K. D. Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wibawanto, E. S. (2016). Rancang Bangun Pengaman Pintu Otomatis Menggunakan E-KTP Berbasis MIkrokontroler Atmega328. Jurnal Teknik Elektro.

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Utama, Y., Witriyono, H., Khairulloh, K., & Veronika, N. D. M. (2021). SISTEM SMART DOOR LOCK DENGAN RFID (RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION) DAN IRAMA KETUKAN BERBASIS ARDUINO UNO R3. Journal Innovation Informatics (JII), 1(1), 45–55. Retrieved from https://jurnal.imsi.or.id/index.php/jii/article/view/72