MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK ANAK-ANAK TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN BERBASIS ANDROID

Authors

  • alen restavia Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Dwita Deslianti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Abstrak— Media pembelajaran interaktif adalah segala sesuatu yang menyangkut software dan hardware yang dapat digunakan sebagai perantara untuk menyampaikan isi materi. Kualitas media pembelajaran dapat dinilai melalui ukuran-ukuran dan metode-metode tertentu, serta tujuan dan kualitas teknis. Sejalan dengan hal tersebut media pembelajaran harus menyenangkan,menarik,dan mudah untuk memahaminya.  pembelajaran bahasa arab yaitu pembelajaran yang asing dan jarang digunakan dan adapun yang tidak tau sama sekali, maka dari itu media pembelajaran bahasa arab adalah sebuah aplikasi media pembelajaran berbasis mobile yang berguna untuk anak- anak TPA dari aplikasi ini pengguna dapat mempelajari dan mengenal kosakata bahasa arab dalam kehidupan sehari-hari saja, Supaya anak anak TPA yang sama sekali tidak mengenal bahasa arab bisa mengerti dan belajar dari dasar-dasarnya. Aplikasi media pembelajaran bahasa arab berbasis android ini memiliki rancangan kebutuhan sistem,desain Uml,dan coding dengan bahasa pemrograman java,mengunakan eclipse.Hasil dari aplikasi media pembelajaran bahasa arab berbasis android yang digunakan sebagai media pembelajaran dalam arab untuk anak-anak TPA.

 

Abstract—Interactive learning media is everything related to software and hardware that can be used as an intermediary to convey the content of the material. The quality of learning media can be assessed through certain measures and methods, as well as objectives and technical quality. In line with this, learning media must be fun, interesting, and easy to understand. Arabic learning is learning that is foreign and rarely used and as for those who don't know at all, therefore Arabic learning media is a mobile-based learning media application that is useful for TPA children from this application users can learn and recognize Arabic vocabulary in everyday life, so that TPA children who do not know Arabic at all can understand and learn from the basics. This android-based Arabic learning media application has a system requirement design, UML design, and coding with the Java programming language, using eclipse. The results of the Android-based Arabic learning media application are used as learning media in Arabic for TPA children.

Keywords: Application, Arabic language, android

 

 

Downloads

Published

2022-04-03

How to Cite

restavia, alen, & Deslianti, D. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK ANAK-ANAK TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN BERBASIS ANDROID. Journal Innovation Informatics (JII), 1(2), 99–104. Retrieved from https://jurnal.imsi.or.id/index.php/jii/article/view/73

Issue

Section

Articles