ROBOT PEMBERI MAKAN KUCING DENGAN NOTIFIKASI SMS

Authors

  • Fira Rahmadini Utami Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nuri David Maria Veronika Universitas Muhamamdiyah Bengkulu
  • Yuza Reswan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yovi Apridiansyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Dalam memelihara hewan peliharaan di rumah yang harus diperhatikan adalah pola makan dan minum yang teratur pada hewan tersebut terutama dalam memelihara kucing yang sangat sensitif terhadap makanan dan minuman. Dengan adanya teknologi sebuah Mikrokontroler dan komunikasi GSM, penulis berniat untuk mengintegrasikan sebuah Mikrokontroler Arduino dan Mobile Device untuk bisa berkomunikasi jarak jauh dan membuat sebuah alat pemberi makan kucing menggunakan motor servo yang di kendalikan oleh Mikrokontroler Arduino dan bekerja setelah instruksi berupa SMS dikirim ke pemelihara kucing saat stok makanan pada alat kosong dan pemilik segera mengisi stok makanan tersebut. memiliki tingkat akurasi. Tingkat akurasi sensor ultrasonik pada alat ini dapat dihitung dengan 15 kali percobaan yang terukur 10cm, yang berarti sensor Ultrasonik HC-SR04 memiliki tingkat akurasi 100%. Apabila yang terukur 10cm yang diuji 10 kali, maka tingkat akurasinya 70%. Dengan terukurnya tingkat akurasi yang di ambil, maka Ultrasonik HC-SR04 yang digunakan dapat dikatakan masih dalam kondisi yang sangat baik. Dengan adanya alat ini diharapkan para pecinta kucing tidak lagi khawatir dengan hewan peliharaannya tersebut.

 

 Kata kunci: Kucing, Mikrokontroler Arduino, SMS

References

Amaliyah, A. (2018). Rancang Bangun Alat Pemeliharaan Sanitasi Tempat Air Minum Ternak Berbasis Mikrokontroler (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Cristy, N. J. (2018). Rancang Bangun Jemuran Otomatis Berbasis Arduino Uno R3 Dan Notifikasi Sms (Doctoral Dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).

Febtriko, A. (2017). Sistem Kontrol Perternakan Ikan Dengan Menggunakan Mikrokontroller Berbasis Android. Rabit: Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 2(1), 21-31.

F. D. Putra, A. Sularsa, D. R. Suchendra, (2018). “Implementasi Pengontrol Pakan Ternak Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis,†Vol. 4, No. 3, Pp. 1958–1963

Iswandy, E. (2015). Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Dana Santunan Sosial Anak Nagari Dan Penyalurannya Bagi Mahasiswa Dan Pelajar Kurang Mampu Di Kenagarian Barung–Barung Balantai Timur. Jurnal Teknoif, 3(2).

Kristiyana, S. (2008). Desain Dan Sistem Pengendalian Robot Beroda Pemadam Api. Jurnal Teknologi, 1(1), 14-23.

Lubis, Z. (2018). Metode Baru Robot Pengantar Menu Makanan Menggunakan Android Dengan Kendali PID Berbasis Mikrokontroler. JET (Journal Of Electrical Technology), 3(2), 105-115.

Maulana, A. R. (2018). Perancangan Dan Pembuatan Drone Dengan Menggunakan Microcontroller Berbasis Android (Doctoral Dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Nugroho, M., & Fidho, H. (2019). Rancang Bangun Tracker Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya 100 Watt Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno (Doctoral Dissertation, Institut Teknologi Nasional Malang).

Oktavianto, Anto. (2014). Perancangan Robot Pemadam Api Menggunakan Kontrol Pid. Skripsi. Universitas Bengkulu: Bengkulu

Pamungkas, Muhammad Rizky Imam Dkk. (2019). Perancangan Dan Implementasi Sistem Monitoring Dan Pemberi Pakan Kucing Otomatis Berbasis Android. EProceeding Of Engineering, 6 (1) : 112 – 119

Razi, Fakhrur. (2017).“Rancang Bangun Alat Pemberi Makan Kucing Angggora Secara Otomatisâ€. (Padang)

Setiawan, Yoyok. (2017). Rancang Bangun Pemantauan Dan Penjadwalan Alat

Pemberi Pakan Ikan Otomatis Secara Jarak Jauh. Skripsi. Institut Bisnis Dan Informatika Stikom: Surabaya

Susanto, E., Dharma, D. N., & Iqbal, M. (2013). Rancang Bangun Alat Pemberi Makan Anjing/Kucing Otomatis Dengan Kontrol SMS. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)

Yandra, Frendi Edwar, (2016). “ Rancang Bangun Timbangan Digital Berbasisi

Sensor 5 Kg Menggunakan Mikrokontroler Atmega328â€. (Pontianak- Indonesia)

Downloads

Published

2021-10-12

How to Cite

Utami, F. R., Veronika, N. D. M., Reswan, Y., & Apridiansyah, Y. (2021). ROBOT PEMBERI MAKAN KUCING DENGAN NOTIFIKASI SMS. Journal Innovation Informatics (JII), 1(1), 66–74. Retrieved from https://jurnal.imsi.or.id/index.php/jii/article/view/75