PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA UMKM JERUK KALAMANSI ANGGREK PUTIH BENGKULU TENGAH (Pada Desa Harapan Makmur Kecamatan Pondok Kubang Bengkulu Tengah)

Authors

  • David Gustian Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eti Arini Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.61567/jmmib.v4i2.164

Abstract

The purpose of this study is to find out how the influence of Marketing Strategy and Purchasing
Power on Increasing Sales in UMKM Jeruk Kalamansi White Orchid Central Bengkulu The
population used in this study is all employees working at PT Anugra Argon Medika
Bengkulu Branch totaling 150 respondents. The sampling technique uses axial sampling
based on creteria that has been determined to total 150 respondents. Observational data
collection techniques, documentation and questionnaires. Based on the results of research that
has been conducted on the influence of Marketing Strategy and Purchasing Power on Increasing
Sales in MSMEs, Kalamansi Orange, White Orchid, Central Bengkulu. In Harapan Makmur
Village, Pondok Kubang District, Central Bengkulu, it can be concluded as follows: Marketing
Strategy has a significant effect on increasing sales in MSMEs Jeruk Kalamansi White Orchid
Central Bengkulu. Purchasing Power to the Increase in Sales in MSMEs Kalamansi Orange,
White Orchid, Central Bengkulu.
Keywords: Marketing Strategy, Purchasing Power and Sales Increase

References

Akmaliah, N. (2020). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Konveksi Kaosta’ Parepare. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58. file:///C:/Users/ACER/Downloads/15.2400.022.pdf

Dewi Jayanti Mandasari, Joko Widodo, S. D. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 123. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10432

Febriyani, F. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Pengembangan Produk Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Manajemen, 4(2), 243–247.

Firdaus, A. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Konsumen Membeli Produk Perumahan (Kasus Pada Perumahan Surya Mandiri Teropong PT Efa Artha Utama). Jom Fisip, 4(1), 1–12.

Hendry Hartono, Karyana Hutomo, M. M. (2012). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan” Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Binus Business Review, 3(2), 882. https://doi.org/10.21512/bbr.v3i2.1271

Imroatun Musafaqoh. (2019). ANALISIS PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI BUTIQ QOLSA 15.A IRING MULYO KOTA METRO. Αγαη, 8(5), 55.

Ira Setiawati, P. W. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm. Strategi Komunikasi Pemasaran, 20, 1–5. file:///C:/Users/BAYU/Downloads/Documents/263-760-1-PB.pdf

Johan Budiman. (2018). Pengaruh Daya Beli Masyarakat dan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Hasil Penjualan Pada Bisnis Property. Keilmuan Dan Aplikasi Teknik, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.33592/unistek.v5i1.277

M. Khoirul Fikri, Almas Filzah, M. F. I. (2022). Pengaruh Kreatif, Inovasi Dan Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Daya Beli Konsumen. JIMEK: Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(1), 117–138.

M anang Firmansyah, B. W. M. (2015). Pengaruh Strategi Marketing Mix (Produk, Harga, Promosi dan distribusi) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Batik di Surabaya. Jurnal Balance, XII(2), 18–26.

Mah Bukhori. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Di Toko Mebel Farid Rohman Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/16511/%0Ahttp://etheses.iainponorogo.ac.id/16511/1/skripsi bukhori PDF.pdf

Mahathir Mohamad. (2014). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL MITSUBISHI PAJERO DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Manajemen Bisnis, 1–88.

Novi Tri Hariyanti, A. W. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.

Nurmi Marfuah, Khuzaini, P. A. M. (2021). Analisi Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Beli Konsumen Dimasa Pandemi Covid-19 Pada PT. Graha Repuja Rahmanman Diri Banjarmasin. 1, 1–16. https://eprints.uniska-bjm.ac.id/7481/

Waluyo Jati, H. Y. (2017). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ONLINE (ONLINE MARKETING STRATEGY) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Pada Toko Online Shop Azzam Store). 1(1), 2598–2823.

Downloads

Published

2023-12-11