PENGARUH KUALITAS LAYANAN INTI DAN KUALITAS LAYANAN PERIPHERAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI KZ ALLSHOP BENGKULU

Authors

  • Wahyu Cahyono Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Taufik Bustami Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.61567/jmmib.v4i2.178

Abstract

This study aims to determine the effect of Core Service Quality, Peripheral Service Quality on KZ Allshop Bengkulu Customer Satisfaction. There are several factors that will be discussed in this study including, Core Service Quality, Peripheral Service Quality and Customer Satisfaction. This research uses quantitative research methods. The population in this study is all KZ Allshop Bengkulu customers. In this study using data collection methods by way of observation, interviews and distributing questionnaires or questionnaires. The data that has been collected is then processed using instrument tests, Respondent Response Analysis, Classical Assumptions Test, Multiple Linear Regression Analysis, Coefficient of Determination (R2) and also Hypothesis Testing. From the results of data management, it can be concluded that all independent variables, namely Core Service Quality and Pherieal Service Quality, partially or simultaneously have a significant effect on the dependent variable namely Customer Satisfaction.Keywords: Quality, Core Service, Peripheral Service, Customer Satisfaction.

Keywords: Quality, Core Services, Peripheral Services, Customer Satisfaction

References

Amirullah. (2014). Perilaku Konsumen. Yogyakrta: Graha Ilmu.

Aryandi, J., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 117-127.

Asep, Hermawan. (2015). Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Assauri, Sofjan. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Basu Swastha, dan T. Hani Handoko. (2018). Manajemen Pemasaran, Analisa. Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan keempat, Penerbit : BPFE,

Bitner, Zeithaml. (2013). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6 thed. Mc.Graw-Hill. Boston.

Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2014). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui. Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Etta Mamang Sangadji. (2013). Perilaku Konsumen–Pendekatan Praktis disertai. Yogyakarta: Himpunan Jurnal Penelitian.

Ferrinadewi, Erna, (2018). Merek dan Psikologi Konsumen, Edisi Pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Firmansyah, M., & Khasanah, I. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Inti Dan Kualitas Layanan Periferal Melalui Kepuasan Konsumen Pada Minat Mereferensikan (Studi Pada Bus Transjakarta Koridor I). Diponegoro Journal Of Management, 5(4), 153-163.

Fransisca. (2016). Pengaruh Kualitas layanan peripheral Terhadap Kepuasan konsumen (Survei Pada Konsumen KFC Kawi Malang). Uniersitas Brawijaya.

Ghozali, Imam. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Peneliti Universitas Diponegoro.

Hasan Ali. (2019). Marketing, Yogyakarta : MedPress (Anggota IKAPI)

Jeymima, O., Hufron, M., & Slamet, A. R. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Inti Dan Kualitas Layanan Peripheral Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Bri Kantor Kas Unisma). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 7(14).

Kotler dan Keller. (2019). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangg.

Laksana. (2018). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graham Ilmu.

Lin, dkk. (2017). The Effect of Kualitas layanan peripheral and Product Knowledge on Purchase Intention Moderated by Price Discount. Journal of International Managements Studies,121 132.

Martadwihadi, R. (2018). Peran Kualitas Layanan Inti Dan Kualitas Layanan Periferal Terhadap Nilai Yang Dirasakan Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Membangun Loyalitas Konsumen (Pada Pengguna Jasa Lapangan Futsal Di Score Futsal Stadium) (Doctoral Dissertation, Universitas Jenderal Soedirman).

Masyharuddin, H. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Inti Dan Kualitas Layanan Peripheral Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Wedding Solution Tarch Amp Kudus) (Doctoral Dissertation, Iain Kudus).

Mei Nur. (2015). Pengaruh Persepsi Konsumen Tentang Resiko, Kualitas layanan inti Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan konsumen Produk Fashion Toko Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Meilaty Finthariasari, dkk. (2020). Pengaruh Kualitas layanan inti, Store Atmosphere, Dan Variasi Produk Terhadap Kepuasan konsumen. Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains. Vol. 1 No. 1. Januari 2020

Munandar, J. A., & Onsardi, O. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Sumsel Babel Kcp Tanjung Sakti. (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(1), 43-52.

Nurmaulia, S. A., & Sunindyo, A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Tabungan Simpedes Pada Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Pattimura Semarang. Keunis, 7(1), 5-19.

Onsardi, O., Wulandari, K., Finthariasari, M., & Yulinda, A. T. (2021). Impact Of Service Marketing On Student Decisions. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), 7(2), 234-254.

Pranoto, Bambang. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmiah Faktor Extra Vol.1 No. 2 September 2008.

Rambat, Lupiyoadi. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta; Salemba Empat.

Rangkuti, Freddy. (2019). Strategi Kualitas layanan inti yang Kreatif dan Analisis Kasus. Integrated Marketing. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Saragih. (2018). Pengaruh Kualitas layanan inti Dan Kualitas layanan inti Terhadap Kepuasan konsumen. Jurnal Manajaemen Bisnis Krisnadwipayana. ISSN: 2338 - 4794 Vol.6. No. 3 September-Desember 2018

Setiadi, N.J. (2013). Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana.

Setiawan, A. I. (2017). Memanfaatkan Kotoran Ternak, Edisi Revisi. Jakarta: Swadaya.

Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Alfabeta. Bandung

Sutisna, (2013). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Cetakan Ketiga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Swastha Basu. (2013). “Manajemen Pemasaran Modern”. (Edisi kedua). Cetakan ke sebelas. Yogyakarta : Liberty Offset.

Toyib, R., Onsardi, O., & Muntahanah, M. (2020). Promosi Produk Pertanian Dan Kerajinan Menggunakan Website Serta Pembukuan Sederhana di Desa Sido Dadi Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3(1).

Downloads

Published

2023-12-27