PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND EXPERIENCE, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN GUNA MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE SKINTIFIC (STUDI KASUS PADA KONSUMEN MAHASISWI DI KAMPUS 4 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU)

Authors

  • Ninna Jalisma Eka Putri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Adi Sismanto Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.61567/jmmib.v5i1.188

Abstract

This study aims to analyze the direct and indirect influence  of Brand Image, Brand Experience  and Electronic Word of Mouth, on sales through trust. The data analysis technique uses path analysis. The population of this study is students of the management study program of the University of Muhammadiyah Bengkulu.

Based on the results of research that has been conducted on the influence  of Brand Image, Brand Experience  and Electronic Word of Mouth, it has a direct effect on Trust. Brand Image, Brand Experience, and Electronic Word of Mouth have an indirect effect on Sales through trust.

Key words: Brand Image, Brand Experience, Electronic Word of Mouth, Trust, sales.

References

Aaker, David. (2001). Marketing Research, Seventh Edition. USA.

Amirullah. (2012). Perilaku Konsumen. Yogyakrta: Graha Ilmu.

Asep, Hermawan. (2015). Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Assauri, Sofjan. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Basu Swastha, dan T. Hani Handoko. (2008). Manajemen Pemasaran, Analisa. Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan keempat, Penerbit : BPFE,

Daryanto. (2008). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Davis, Keith dan Newstron, Jhon W. (2000). Perilaku Dalam Organisasi. Jilid Kedua. Edisi Ketujuh. Jakarta : Erlangga.

Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui. Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Etta Mamang Sangadji. (2013). Perilaku Konsumen–Pendekatan Praktis disertai. Yogyakarta: Himpunan Jurnal Penelitian.

Ferdinand, Augusty. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ferrinadewi, Erna, (2008). Merek dan Psikologi Konsumen, Edisi Pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ghozali, Imam. (2001). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Peneliti Universitas Diponegoro.

Goyette, et al. 2010. e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Journal of Administrative Sciences, 27 pp. 5-23

Hasan Ali. (2009). Marketing, Yogyakarta : MedPress (Anggota IKAPI)

Irawan & Basu Swasta, 2013. Manajemen Pemasaran Modern, BPFE-UGM, Yogyakarta.

Kotler, Philip Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga

Koufaris, M. (2002). Applying The Technology Acceptance Model And Fow Theory To Online Consumer Behavior.Information Systems Research, 13(2), 205-23.

Laksana. (2008). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graham Ilmu.

Moriarty, et al. (2001). Advertising. Jakarta: Kencana.

Muflih, Muhammad, (2006). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ilmu Ekonomi. Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Peter J. Paul & jerry c. Olson. (2000). Consumer Behavior Perilaku Konsumen. 2nd. ed. 4 Jakarta: .Penerbit Erlangga.

Philip Kotler, (2002), Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2 Jakarta: PT Prenhallindo.

Rambat, Lupiyoadi. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta; Salemba Empat.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Kualitas pelayanan inti yang Kreatif dan Analisis Kasus. Integrated Marketing. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Schiffman and Lazar Kanuk, (2000), Costumer Behavior, Internasional Edition, Prentice Hall

Schiffman, Leon, & Kanuk, Leslie Lazar. (2007). Consumer Behaviour 7 th. Edition. (Perilaku Konsumen). Jakarta: PT. Indeks

Setiadi, N.J. (2003). Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana.

Simamora, Henry. (2006). Manajemen Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Sekolah. Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Singgih Santoso. (2000). Latihan SPSS Statistik Parmetik. Jakarta: Gramedia.

Stella Chrisma Adyatami. (2016). The effect Celebrity Endorsement on Consumers Attitude Toward The Brand And Purchasing Intention. E-jurnal UAJY, Pp. 1-15.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Alfabeta. Bandung

Sapitri, L., & Onsardi, O. (2021). The Effect of Brand Image and Product Quality toward Wardah Cosmetics Consumers’ Loyalty as A Study on Students Management Study Program, Faculty of Econom ics and Business, Muhammadiyah University of Bengkulu. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Review, 1(2), 139-146.

Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Suswardji Edi. (2012). Hubungan Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Universitas Singaperbangsa Kerawang, Jurnal Manajemen, Vol.10No. 1

Sutisna, (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Cetakan Ketiga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Swastha Basu. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.

Swastha Basu. (2003). “Manajemen Pemasaran Modern”. (Edisi kedua). Cetakan ke sebelas. Yogyakarta : Liberty Offset.

Swastha Dharmamesta Basu. (2004). Manajemen Pemasaran. Perilaku Konsumen. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. Andi : Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles