PENGARUH LOKASI, RASA, DAN CIRI KHAS TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN GUNA MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAKANAN KHAS DI KABUPATEN SELUMA DESA AIR TERAS

Authors

  • Anugrah Durisa Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Adi Sismanto Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.61567/jmmib.v5i1.196

Abstract

This study is entitled The Influence of Location (X1), Taste (X2), Characteristics (X3) on Consumer Loyalty (Y) in order to increase Consumer Purchase Decisions (Z) on Typical Foods in Seluma Regency, Air Teras Village, it can be concluded that Location  affects Consumer Loyalty, Taste affects Consumer Loyalty, Characteristics affect Consumer Loyalty, Consumer Loyalty affects Purchase Decisions in using products. Location indirectly affects  the Purchase Decision in using the product. Rasa has an indirect effect on the Purchase Decision in using the product. Characteristics have an indirect effect on Purchase Decisions

Keywords: Location, Taste, Characteristics, Consumer Loyalty, Purchasing Decisions

References

Akbar, N. F., & Nurcholis, D. L. (2020). Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Furniture Di Rangga Jaya Mebel Jepara). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 972–994. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimue/article/view/10558

Brata, M., Nugroho., & Sulistyawan, E. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Promosi terhadapap Keputusan pembelian Konsumen di Restoran The Coffee Bean & Tea Leaf. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan.

Drummond, K. E., & Brefere, L. M. (2010). Nutrition for foodservice and culinary professionals.

Drummond, K.E & Brefere, L. (2010). Nutrition for Foodservice and CulinarymProfesional . New Jersey : JohnWiley & Son, Inc.

Dwi, L., & Soebiantoro, U. (2022). Pengaruh Cita Rasa dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Ayam Yamin Gubeng Kertajaya Surabaya. Jurnal Manajemen, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.30656/jm.v12i1.4428

Echdar, S. (2023). Memilih Lokasi Tepat Untuk Bisnis Anda. 12 Oktober 2023.

Fatmawati, I., & Burhanudin, B. (2022). Kunjungan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Usaha Kuliner “Street Burger.” Jurnal USAHA, 3(2), 52–62. https://doi.org/10.30998/juuk.v3i2.1524

Fitriani, E. (2022). Pengaruh Loyalitas Pelanggan, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Semarang.

Fure. (2013). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional". Jurnal EMBA. Vol. No.3. September Tahun 2013.

Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Ghozali. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10.

Grewal, D. (2012). Decision Making in Marketing. Journal of Marketing.

Iffathurjannah, M. I., & Harti. (2021). Pengaruh keamanan makanan, harga dan rasa terhadap keputusan pembelian pada konsumen mie Lemonilo. Jurnal Akuntabel, 18(2), 235–246.

Jamal, A., & Busman, S. A. (2021). Pengaruh Cita Rasa Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Geprek Junior Cabang Pekat Di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 27–34. http://jurnal.uts.ac.id/index.php/jmb/article/view/1301

kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of Marketing.

Kotler, Philip, dan K. L. K. (2016). Marketing Management (15th ed.).

Kotler, Philip, dan kevin L. K. (2020). Marketing Magement (Pearson Education Limited (ed.); 17th ed.).

kotler, dan keller. (2012). Manjemen Pemasaran. Edisi 12, Jakarta:Erlangga.

Krisna, I. N., & Mohamad, A. (2015). Makanan tradisional sebagai wujud budaya (Erlangga (ed.)).

Kuncoro, A., & Ridwan, E. (2014). Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur) (Alfabeta (ed.); 6th ed.).

Kusumah. (2011). “ Mengenal penelitian Tindakan Kelas”.Jakarta: PT Indeks.

Lawrance, N. L., Suardana, I. M., & Asdiansyuri, U. (2022). Pengaruh Lokasi, Harga, Promosi dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Kopi pada Kopi Living Mataram. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 1(3), 132–140. https://doi.org/10.57141/kompeten.v1i3.16

Lupiyoadi, H. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua, Salemba Empat , Jakarta.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasarab Jasa (S. Empat (ed.)).

Maimunah, S. (2019a). Pengaruh Kualitas Pelayanan, harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen.

Maimunah, S. (2019b). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen. Jurnal IQTISHADequity.

Melda, M., Arini, E., & Yulinda, A. T. (2020). Pengaruh Keragaman Produk, Cita Rasa Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. (JEMS) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 1(2), 143–149. https://doi.org/10.36085/jems.v1i2.918

Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Yonita, H. L. (2022). Analisis Persepsi Harga, Lokasi, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Umkm Skck (Stasiun Kuliner Canditunggal Kalitengah) Metode Structural Equation Modelling (SEM) - Partial Least. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 391–402. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10is1.2018

Nasution, S., & Noviantoro, R. (2019). Potensi Usaha Kuliner Asli Daerah dalam Menunjang Pariwisata di Provinsi Bengkulu. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 1(2), 82–88. https://doi.org/10.35899/biej.v1i2.57

Onsardi, O., & Finthariasari, M. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia (Strategi Meningkatkan Kinerja Karyawan).

Pusvita, Y., & Widada, W. (2019). Etnomatematika Kota Bengkulu : Eksplorasi Makanan Khas Kota Bengkulu “ Bay Tat .” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 185–193. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405.

Rini, A. (2021). Pengaruh Cita Rasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Restoran Y.

Satya Afitri, P., Ayu Made Er Meytha Gayatri, I., & Indian Ariska, Y. (2021). The Influence of Digital Marketing and Product Variety on Consumer Buying Interest in Online Shop Moy Stuff Bengkulu City Pengaruh Digital Marketing dan Ragam Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada Online Shop Moy Stuff Kota Bengkulu. Journal of Indonesian Management, 1(4), 455–460.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Alfabeta (ed.)).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung:Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabet.

Tjiptono. (2015). “ Pengaruh Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan Di Hotel Holidayblnn Bandung Pasteur”.Vol. 6, No.2, Tahun 2018.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (Andi Offset (ed.)).

Wahyu, S., & Siskaroh, R. (2022). Pengaruh Persepsi Harga , Cita Rasa , Dan Promosi Terhadap. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Manjemen, 1(3), 128–142.

Wulandari, D. (2022). Pengaruh Kenyamanan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening.

Wulandari, E. E. P. (2021). Pengaruh Lokasi, Inovasi Produk, Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Pada Eleven Cafe Di Kota Bengkulu. (JEMS) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(1), 74–86.

Wulandari, I. (2023). Pengaruh Cita Rasa, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Mie Gacoan di Kalangan Konsumen Muda Kabupaten Karanganyar. 1–23.

Wulf, K., Huber, F., & Huber, S. (2011). The Impact of brand image and brand trust on costumer loyalty. Journal of Businnes Research.

Yonathan, F. M., & Janamarta, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Atmosfer Toko, Lokasi, Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pizza Hut Cimone Tangerang. Nikamabi : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 2(1), 1–10. https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/ga

Zhafira Et.al. (2013). The Analysis of Product, Price, Place, Promotion and Service Quality on Costomers’Buying Decision of Convenience Store : A Survey of Young Adult in Bekasi, West Java, Indonesia, President Business School, Jababeka Educational Park, Jababeka, Cikarang, Ind.

Downloads

Published

2024-08-05

Issue

Section

Articles