PENGARUH BRAND IMAGE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK WARDAH DI TOKO MY LOVA KOTA BENGKULU
Abstract
This study aims to determine "The Influence of Brand Image and Promotion on Consumer Purchasing Decisions on Wardah Products at My Lova Store in Bengkulu City", both partially and simultaneously. The type of research used is quantitative research. The population in this study is consumers of Wardah products at the My Lova Store in Bengkulu City, using a non-probability sampling technique, which means that samples are taken randomly, namely consumers who visit the Wardah product stand at the My Lova Store in Bengkulu City. Based on the results of these tests, the brand image variable has a positive and significant effect on consumer purchasing decisions. Promotional variables have a positive and significant effect on consumer purchasing decisions. Brand image and promotion together have a positive and simultaneous effect on the purchase decision variable.
Keyword: Brand Image, Promotions, Purchase Decisions
References
Abdullah, D., Hernita, N., & Herlina Jasunka, F. (2023). Kualitas Produk Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Peralihan Merek Kosmetik Lain Beralih Ke Kosmetik Wardah. J-Aksi : Jurnal Akuntansi Dan Sistem Informasi, 4(2), 191–202. https://doi.org/10.31949/jaksi.v4i2.5157
Adiwidjaja, A. J., & Tarigan, Z. J. H. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. Agora - Online Graduate Humanities Journal, 5(3), 1–9.
Avananda, RO., & Hadiwibawa, D. (2024). Pengaruh Quality Of Work Life Dan Islamic Work Ethic Terhadap Loyalitas Karyawan PT. Bank Syariah Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 7 (2), 312-320
Alma, B. (2015). Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Amalia, R. N., Dianingati, R. S., & Annisaa’, E. (2022). Pengaruh Jumlah Responden terhadap Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan dan Perilaku Swamedikasi. Generics: Journal of Research in Pharmacy, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.14710/genres.v2i1.12271
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766
Aryandi, J., & Onsardi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Loasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 1(8).
Bawono, A., Isanawikrama, I., Arif, K., & Kurniawan, Y. J. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen, Brand Image Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Situs Belanja Online (Studi Kasus pada Situs Belanja Online XYZ). Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2(2), 131–144. https://doi.org/10.30813/jpk.v2i2.1366
Cahyono, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo Di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. JBMA (Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi), V(1), 61–75.
Evelina, & Listyorni, S. (2013). No TitlePengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana TelkomFlexi,. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.
Fachry, F. (2020). Batik Karawang Di Ramayana Mall , Karawang the Influence of Pembelian Batik Karawang. Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(October).
Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Fiani, S. ., & Japarianto, D. (2012). Analisa Pengaruh Food Quality dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran, 47(1), 334–341. https://doi.org/https://doi.org/10.1103/PhysRevB.47.334
Fitriani, V., & Sharif, O. O. (2018). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Merek Konsumen Pada Produk Kosmetik. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(1), 90–95.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.
Hadi, A. V., & Prabowo, R. E. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Kota Semarang. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 540–548.
Kotler, P., & Amstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran, jilid 2, edisi ke-8. Jakarta:Erlangga.
Marcus, G. L., Wattimanela, H. J., & Lesnussa, Y. A. (2012). Analisis Regresi Komponen Utama Untuk Mengatasi Masalah Multikolinieritas Dalam Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 6(1), 31–40. https://doi.org/10.30598/barekengvol6iss1pp31-40
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795
Onsardi, O., Ekowati, S., Yulinda, A. T., & Megawati, M. (2022). Dampak Digital Marketing, Brand Image Dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lina Ms Glow Kota Bengkulu. Creative Research Management Journal, 5(2). https://doi.org/10.32663/crmj.v5i2.3096
Onsardi, Wulandari, K., Finthariasari, M., & Yulinda, A. T. (2021). Impact Of Service Marketing On Student Decisions. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Perbankan), 7(2). https://doi.org/10.21070/jbmp.v7i2.1521
Putri, R. S. (2015). Pengaruh Promosi Penjualan Dalam Meningkatkan Penjualan Mobil Mitsubishi Pada PT. Pekan Perkasa Berlian Motor Pekanbaru. Jurnal Valuta, 1(2502–1419), 1–321.
Permatasari, RP., Reskika, RV., & Finthariasari, M. (2024). Pengaruh Trust Dan Customer Engagment Terhadap Customer Relationship Management Pada Pt. Telekomunikasi Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 7 (2), 178-191
Rosita, D., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah pada Konsumen Mahasiswa. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4), 494–505. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.200
Sadarang, R. A. I., Adha, A. S., Syahrir, S., HR.Lagu, A. M., Pahrir, M. F., & Ishak, A. S. A. (2021). Pemanfaatan Sistem Open Data Kit Sebagai Media Pengumpulan Data. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(1), 94. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i1.344
Siahaan, A. C., Ginting, M., & Br Ginting, L. T. R. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Menantea di Kota Medan. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 13(1), 80–91. https://doi.org/10.55601/jwem.v13i1.958
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99
Sonatasia, D. Onsardi, O. Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1), 1–15.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Manajemen (Setiyawami (ed.); 4th ed.). Bandung:Alfabeta.
Sukoco, T., & Kusuma, P. (2024). Pengaruh Faktor Budaya Dan Emosional Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online (Studi Kasus Masyarakat Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 7 (2), 217-232.
Sunardi, T. & Fikri, M. (2024). Pengaruh Faktor Geografis Dan Demografis Dalam Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Umkm Di Kawasan Wisata Pantai Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 7 (2), 321-329
Syahputra, O., Wahyuni, Z., & Finthariasari, M. (2024). Pengaruh Flash Sale Dan Tagline Gratis Ongkir Shopee Terhadap Pembelian Impulsif Di Bengkulu. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 7 (2), 161-177
Swastha, Basu, D. ., & Irawan. (2000). Manajemen Pemasaran Moderen. Jakaeta:Liberty.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nensy Pamisti, Eti Arini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.