PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI BAJU SEKEN PADA TOKO YOMCI SHOP

Authors

  • Bayu Putra Pratama Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.61567/jmmib.v2i2.61

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh pengatahuan produk Terhadap Minat Beli  Baju Seken Pada toko Yomci Shop. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian survey dengan analisis deskriptif kuantitatif dan Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Toko Yomci Shop sebanyak 80 orang dengan Sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling.

Ada beberapa teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, diantaranya, analisis tanggapan responden, analisis regresi sederhana, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Pengaruh pengatahuan produk Terhadap Minat Beli  Baju Seken Pada toko Yomci Shop, didapat persamaan regresi Y = 4.362 + 0.535 (X) Lalu hasil Koefesien Diterminasi (R2) sebesar 0.406 atau 40.6% terhadap Minat Beli baju seken pada toko yomci shop sedangkansisanyasebesar 0.594 atau 59.4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model penelitian ini. Untuk hasil uji t terhadap Pengetahuan (X)  7.411 > ttabel 1.990 denganya tingkat signifikan 0,000 < dari 0,050 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengetahuan secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Minat Beli Baju Seken Pada toko Yomci Shop.

 

Kata Kunci:    Pengetahuan, Minat Beli

References

D. Durianto, dan Liana. C, (2004). Analisi efektivitas iklan televisi softener soft & fresh di Jakarta dan sekitarnya dengan menggunakan consumen decision model, Jurnal Ekonomi Perusahaan,Vol.11 (no.1)

Kinnear, T.C. and J. R. Taylor. 2007. Riset Pemasaran. (Terjemahan oleh Thamrin). Edisi Tiga, Erlangga : Jakarta

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2009). “Manajemen Pemasaran, 13th Editionâ€. Jakarta: Erlangga

Mandasari, K., & Soesanto, H. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen dalam memilih jasa perhotelan (Studi kasus pada Hotel Grasia Semarang) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Munandar, J. A., & Onsardi, O. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Sumsel Babel Kcp Tanjung Sakti. (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(1), 43-52.

Onsardi, O., Wulandari, K., Finthariasari, M., & Yulinda, A. T. (2021). Impact Of Service Marketing On Student Decisions. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), 7(2), 234-254.

Rao. Akshay & Sieben Wanda (2003). "The effect of Prior Knowledge on Price Acceptability and The Type of Information Examined", Journal of Consumer Reseach. Vol 19 (September), p. 256-270.

Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Sumarwan, Ujang. 2003. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Cetakan Pertama, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sundalangi, Marchelyno., Mandey, Silvya L. dan Jorie, Rotinsulu Jopie. (2014) Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen, Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Downloads

Published

2021-11-11