Pengaruh Promosi Online Dan Kualitas Produk Terhadap Daya Tarik Konsumen Membeli Produk Pada Usaha Surya Bakery Kebun Tebeng Kota Bengkulu

Authors

  • Sofia Melati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Subandrio Subandrio Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.61567/jmmib.v3i1.98

Abstract

Keunggulan dari olahan Roti Surya adalah selain rasanya yang khas, segmennya yang menjangkau menengah ke bawah alias terjangkau. Toko Roti Surya Bakery yang berpusat di Jalan Kinibalu, No. 52 Kelurahan Kebun Tebeng  ini buka dari jam 6 pagi sampai jam 9 malam.  Kini Toko Roti Surya telah berkembang menjadi 5 kedai roti. Diantaranya: di Kebun Tebeng, Pagar Dewa, Rawa Makmur, Pintu Batu dan di Kapuas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi online dan kualitas produk terhadap daya tarik membeli konsumen. Dalam penelitian ini data didapatkan melalui observasi dan kuesioner yang telah disebarkan kepada 130 responden yaitu konsumen yang datang untuk membeli atau berbelanja pada Surya Bakery Kebun Tebeng Kota Bengkulu dengan menggunakan metode insidental sampling. Kemudian dilakukan analisis data menggunakan data kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji intrumen, Uji Asumsi Klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi (R2) dan uji hipotesis.

Hasil penelitian ini dapat dilihat dari uji regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS yaitu Y = 3,418 + 0.357 (X1) + 0.363 (X2). Hasil koefisien determinasi (R2) nilai R Square sebesar 0,717 atau 71,7%, dimana koefisien determinasi tersebut mempunyai arti bahwa secara bersama-sama variabel promosi online (X1) dan kualitas produk (X2) memberikan sumbangan dalam mempengaruhi daya tarik membeli (Y) pada Surya Bakery Kebun Tebeng Kota Bengkulu, sedangkan sisanya sebesar 0.283 atau 28,3% di pengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Pengujian hipotesis dengan uji t menunjukan bahwa variabel promosi online (X1) berpengaruh signifikan terhadap daya tarik membeli (Y), dimana nilai thit lebih besar dari ttabel dengan tingkat signifikansi <0,05, dan kualitas produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap daya tarik membeli (Y), dimana nilai thit lebih besar dari ttabel dengan tingkat signifikansi <0,05. Ini berarti Ho ditolak Ha diterima.

 

Kata kunci : Promosi Online, Kualitas Produk, Daya Tarik Membeli Konsumen

 

References

Amstrong, Gary & Philip, Kotler, (2002). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Alihbahasa Alexander Sindorodan Benyamin Molan. Jakarta :Prenhalindo.

Budiyono, Bernand NM, (2004), “Studi Mengenai Pengembangan Strategi Produk (Studi Kasus Minat Beli Produk Baru Telkomflexi Di Surabaya)â€, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Volume III, No. 2, September, Hal. 181-194.

Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak , T. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuisitas & Perilaku Merk. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ferdinand, Agusty, (2002), Structural Equation Modeling dalam penelitian Manajemen, Edisi kedua, BP Undip Semarang.

Fitri, Irna, (2016). “Analisis Promosi Penjualan Online, Harga, Kepercayaan, Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Online Ceker Brontak (Studi Pada Ceker Brontak Kota Bandar Lampung)â€. Skripsi (Bandar Lampung : Prodi Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Lampung).

Garvin, D.A, (2004). Strategi Marketing. Yogyakarta : Andi.

Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Universitas Diponegoro.

Gogi Kurniawan, (2015). Pengaruh Daya Tarik Produk Dan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Kopi Nescafe Di Surabaya. e-journal. STIE YAPAN Surabaya.

Helga Drumond, (2003). Metode Penelitian Bisnis. Jilid 1, Edisi kelima. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran: Edisi Melenial. Jakarta: Prehallindo.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary.(2004), Prinsip-prinsip Marketing, Edisi Ketujuh, Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Kevin Keller. (2007).Manajemen Pemasaran. Edisi ke-12. Jilid 2. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip, (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13e Jilid 1. Jakarta :Erlangga.

Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Downloads

Published

2022-07-30

Issue

Section

Articles