PENGARUH KEMASAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Ayu Partiwi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eti Arini Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.61567/jmmib.v2i1.37

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of Packaging and Brand Image on purchasing decision on consumer of Cita Rasa Store in Soevenir Center of Bengkulu city and to find out which factors having the more dominant effect on the purchasing decision. The researcher used the questionnaire method to 110 respodents. The Population used were lempuk durian consumer of Cita Rasa store in souvenir center city of Bengkulu city. The sampling was the accindental sampling technique. Based on the results of multiple linear regression, the form of regression equation is Y = 2.955 + 1.200 ( ) + 0.345 ( ). The results of the research and the hypothesis show that the Packaging shows the value of > (9.732 > 1.982) and (sig  = 0,000 < 0,050), while Brand Image shows the value of tcount > (3.146 > 1.982) and (sig  = 0,000 < 0,050). Simultaneously Packaging and Brand Image have a significant effect on purchasing decision. Partially the two variables Packaging and Brand Image have a significant effect on purchasing decision. It is better if the producers can continue to maintain and even improve their products so that the main objectives of marketing can be achieved.

Keywords: Packaging, Brand Image, Buying Decission

References

Andrianto, Hendra Noky.2013.â€Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelianâ€.Jurnal.Semarang : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Akrom, Muchammad Chusnul.2013.â€Pengaruh Kemasan, Harga dan Promosi terhadap Proses Keputusan Pembelianâ€.Jurnal.Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Aryandi, J., (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 117-127.

Bastian, Danny Alexander.2014.â€Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setiaâ€.Jurnal.Surabaya : Program Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra.

Darmawan, Didit.2017.â€Pengaruh Kemasan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Hidroponikâ€.Jurnal.Agrimas.

Da Silva, Elaine Lopes dkk.2010.â€Pengaruh Citra Merek Negara dalam Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumenâ€.Jurnal.Spanyol : Universitas Otonom Barcelona.

Fatlahah, Aniek.2013.â€Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian E Krim Wall’s Magnumâ€.Jurnal.Surabaya : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Ferinnadewi, Erna.2008.Merek dan Psikologi Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran, Edisi pertama.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ghozali, Imam.2001. Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi AnalisisMultivariate dengan Program IBM SPSS 21Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ismuputro, Rizal Maulana.2020.â€Peran Citra Merek, Harga dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan AQUAâ€.Jurnal. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.

Kamarijani, Suyitno. 1996. Dasar-Dasar Pengemasan. Jakarta : Rineka Cipta.

Kasino.2020.“Pengaruh Kemasan Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Cuci So Klin Di Kecamatan Sukodono Sidoarjoâ€.Jurnal.Sidoarjo : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ma’arif Hasyim Latif.

Kotler, P., Amstrong, G.2008.Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 2.Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008.Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta

Kotler, Philip.2009.Manajemen Pemasaran.Jakarta : Erlangga.

Kotler, Susanto A.B. 2000.Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Peter, J.P, dan Olson J.C. 1999.Costumer Behavior. Jakarta: Erlangga.

Prasetya, Candra Hakim Arif dkk.2014.â€Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Kepercayaan Serta Keputusan Pembelianâ€.Jurnal.Malang : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Musay, Fransisca Paramitasari.2017.â€Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelianâ€.Jurnal.Malang : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Njoto, Tommy Kurniawan.2016.â€Pengaruh Desain Kemasan, Cita Rasa, dan Variasi Produkl terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bumi Anugerahâ€.Jurnal.Surabaya : Manajemen.

Nur, Andi Asad Ridjal dkk.2019.â€Pengaruh Kemasan Produk Susu Bear Brand terhadap Keputusan Pembelian Konsumenâ€.Jurnal.Makassar : STIE Tri Dharma Nusantara.

Sari, Fanny Puspita.2016.â€Pengaruh Harga Citra Merek dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumenâ€.Jurnal.Surabaya : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA).

Simamora, Bilson. 2002. Aura Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman dan Kanuk. 2007.Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia

Seher, Tabinda dkk.2012.â€Dampak Warna Pada Iklan dan Kemasan Pada Perilaku Kemasanâ€.Jurnal.Pakistan : Sastra Ilmu Manajemen Universitas Pendidikan Lahore.

Sugiama, A.Gima dkk.2017.â€Pengaruh Kemasan, Kewajaran Harga dan Brand Awareness terhadap Brand Loyaltyâ€.Jurnal.Bandung : Universitas Kristen Maranatha.

Sugiyono.2009.Metode Penelitian Bisnis, Cetakan keempat, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta

Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Sumarwan, U.2008.Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran.Ghalia Indonesia.Bogor Selatan.

Swastha, Basu. 1997.Manajemen Barang dalam Pemasaran. Yogyakarta: BPFE

Toyib, R., Onsardi, O., & Muntahanah, M. (2020). Promosi Produk Pertanian Dan Kerajinan Menggunakan Website Serta Pembukuan Sederhanadi Desa Sido Dadi Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3(1).

Umar, Husein. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wulandari, Rizky Desty dkk.2018.â€Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kosmetikâ€.Jurnal.Jakarta : Fakultas Bisnis Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis.

Zsofia Kenesei, Sarah Todd.2003.The use of price in the purchase decision, journal of Emprical Generalisations in Marketing Science, (diakses 3 Agustus 2012).

Downloads

Published

2021-07-31

Issue

Section

Articles