Pengembangan Sistem Informasi Bengkel Mobil Berbasis Website Menggunakan SDLC Waterfall

Authors

  • Muhammad Wahyu Ihsan Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61567/jcosis.v1i1.163

Abstract

Tujuan : Permasalahan yang terjadi adalah bengkel atau badan usaha yang tidak memiliki website hanya akan diketahui oleh orang yang tinggal dilingkungan terdekat atau disekitarnya saja. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu sistem informasi berbasis web untuk pelayanan dan juga promosi kepada calon pelanggan di Bengkel.

Metode/Design/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem yaitu, metode waterfall. Dimana metode ini dilakukan secara berurutan dan bersifat sistematis.

Hasil/Temuan: Hasil penelitian ini yaitu, (1) Sistem ini dapat memudahkan pelanggan untuk mencari jenis service atau membeli sparepart yang di inginkan, di bengkel mobil. (2) Sistem ini dapat membuat laporan secara otomatis berdasarkan  data yang tersimpan di database, diharapkan dapat memudahkan pemilik bengkel untuk melihat laporan penjualannya.

Kebaharuan/Originalitas/Nilai: belum adanya pada suatu badan usaha bengkel yang menjadi objek penelitian suatu laman website yang dapat diakses oleh masyarakat, dan dapat memberikan informasi yang dibutuhkan.

 

Keywords: Bengkel, Waterfall, website

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Muhammad Wahyu Ihsan. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Bengkel Mobil Berbasis Website Menggunakan SDLC Waterfall. JCOSIS (Journal Computer Science and Information Systems), 1(1), 1–7. https://doi.org/10.61567/jcosis.v1i1.163

Issue

Section

Articles