Implementasi Metode Viola Jones dan Haar Like Feuture Pada Deteksi Wajah Non Frontal

Authors

  • Ahmad Sayyeid Al Jadd Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Erwin Dwika Putra Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.61567/jcosis.v1i1.175

Abstract

Tujuan : Pendeteksian wajah pada zaman yang semakin maju ini dirasakan perlu diaplikasikan pada segala bidang demi memudahkan pekerjaan manusia terutama dalam bidang keamanan, seperti keamanan gedung, perkantoran, bandara, ataupun tempat-tempat penting lainnya dengan mengaplikasikan suatu sensor pendeteksi wajah pada kamera, sehingga dapat diketahui identitas pengunjung tempat tersebut.

Metode/Design/Pendekatan: Metode Viola Jones merupakan metode yang paling banyak digunakan untuk mendeteksi wajah proses pendeteksian wajah dilakukan dengan mengklasifikasikan sebuah gambar setelah sebelumnya pengklasifikasian dari data yang sudah disimpan

Hasil/Temuan: Berdasarkan pembahasan dan uji coba, dapat disimpulkan bahwa Sistem Pendeteksian Wajah Non-Frontal Menggunakan Haar Like Feature pada Metode Viola Jones ini dapat mendeteksi wajah berorientasi miring atau non-frontal, yang tidak bisa dilakukan dengan sistem sejenis yang hanya mendeteksi wajah frontal.

Kebaharuan/Originalitas/Nilai: Untuk wajah dengan kemiringan yang terlalu extreme atau kemiringan lebih dari 450 mempengaruhi kesuksesan pendeteksian. Serta Kecepatan pendeteksian bergantung pada besaran ukuran file gambar yang di proses.

 

Keywords: Viola Jones, Wajah, Deteksi

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Ahmad Sayyeid Al Jadd, & Erwin Dwika Putra. (2024). Implementasi Metode Viola Jones dan Haar Like Feuture Pada Deteksi Wajah Non Frontal. JCOSIS (Journal Computer Science and Information Systems), 1(1), 14–19. https://doi.org/10.61567/jcosis.v1i1.175

Issue

Section

Articles