PEMBANGUNAN WEB INTERAKTIF PADA JASA PENYEWAAN DAN PENJADWAL PRODUK SALON KOTA BENGKULU (STUDI KASUS SALON ROSI)

Authors

  • Ferdinand Ryan Mahasiswa
  • Rozali Toyib Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Dedy Abdullah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Muhammad Imanullah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Keywords:

Pembangunan Web, Penyewaan Baju Adat, Metode UML, MYSQL

Abstract

Jasa penyewaan adalah proses peminjaman yang menyediakan semua kebutuhan orang lain. Rosi Sallon bergerak dalam bidang penyewaan pakaian adat, jas, dll. Terkadang penyewa mengalami kesulitan untuk menemukan dimana lokasi dari Rosi Sallon ini. Tujuan pembuatan web ini adalah untuk mempermudah para penyewa mencari dimana letak dari Rosi Sallon ini dan juga untuk mempermudah dalam pemesanan pakaian yang akan disewakan. Pembangunan web penyewaan ini menggunakan metode UML. Diagram grafis terdiri atas diagram use case dan diagram aktivitas. Bahasa pemograman yang digunakan adalah bahasa PHP. Dan data base MYSQL untuk menyimpan data dan metode pengembangan sistem waterfall. Hasil yang disediakan dari sistem ini berupa inforamsi Tentang persewaan dan pemesanan produk supaya memudahkan penyewaan baju adat yang ada di Rosi Salon.

References

M. Y. I. Syahrowardi, “Keragaman Budaya dalam Perspektif Sejarah dan Agama,” DESANTA (Indonesian Interdiscip. Journal), vol. 1, no. 2, hal. 94–99, 2021.

Ismai, “Easy & Simple - Web Programming,” hal. 1, 2016.

A. M. Lay, Y. D. Y. Rindengan, dan X. B. N. Najoan, “Rancang Bangun Aplikasi Penyewaan Fasilitas di Kota Manado Berbasis Web,” Tek. Inform., vol. 2, no. 3, hal. 1–8, 2010.

H. K. Adi dan M. Taufik, “Perancangan Sistem dan Pengolahan Surat Berbasis Web ( Studi Kasus Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Bungo ),” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, hal. 399–406, 2023.

S. & N. Fauziah, “Perancangan Sistem Informasi Kpi Telemarketing Pada Pt . Bintang Seragam Indonesia,” J. Lentera Ict, 2019.

afifah nur isty icha dan supriyanta, “Sistem Informasi Penjualan Busana PengantinPada Tutut Manten Yogyakarta,” Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 10, no. 1, hal. 1–6, 2018.

H. M. Nawawi, A. B. Hikmah, dan Y. Apriyani, “Perancangan sistem informasi katalog bahan makanan pokok berbasis web,” Nawawi, Hendri Mahmud Hikmah, Agung Baitul Apriyani, Yanti, hal. 47–51, 2014.

U. Menjaga, K. Desain, dan P. Lunak, “PEMBUATAN MODEL SEQUENCE DIAGRAM DENGAN REVERSE,” hal. 133–142.

L. Setiyani, “Desain Sistem : Use Case Diagram Pendahuluan,” Pros. Semin. Nas. Inov. Adopsi Teknol. 2021, no. September, hal. 246–260, 2021.

D. Driyani, “Perancangan Media Pembelajaran Sekolah Dasar Berbasis Android Menggunakan Metode Rekayasa Perangkat Lunak Air Terjun ( Waterfall ),” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 1, hal. 35, 2018, doi: 10.30998/string.v3i1.2725.

Downloads

Published

2023-03-29

How to Cite

Ryan, F., Rozali Toyib, Dedy Abdullah, & Muhammad Imanullah. (2023). PEMBANGUNAN WEB INTERAKTIF PADA JASA PENYEWAAN DAN PENJADWAL PRODUK SALON KOTA BENGKULU (STUDI KASUS SALON ROSI). Journal Innovation Informatics (JII), 2(2). Retrieved from https://jurnal.imsi.or.id/index.php/jii/article/view/180

Issue

Section

Articles