PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI HANDPHONE MEREK NOKIA

Authors

  • Italia Italia Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Islamuddin Islamuddin Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.61567/jmmib.v2i1.31

Abstract

This study entitled the effect of Promotion, Product Quality, and Brand Image on Buying Interest for Nokia Brand Mobile (Case Study on Nokia Consumers in Bengkulu City).This study study aimed to know the simultaneous effect between Promotion, Product Quality and Brand Image on Purchase Intention for Nokia Brand Mobile Phones. The object of this study was Nokia consumers in Bengkulu City, using purposive sampling method. The number of respondents in this study were 96 people. The data collection method employed a questionnaire. To analyze the data, the study used multiple linear regression data analysis techniques. Based on the results of multiple linear regression, the form of regression equation is Y = 4,648 + 0.384 (X_1) + 0.571 (X2) + 0.421 (X3). The study results and hypotheses indicated that Promotion (sig α = 0.041 <0.050), Product Quality (sig α = 0.004 <0.050), and Brand Image (sig α = 0.000 <0.050). Simultaneously, it has a positive and significant effect on Buying Interest. Regarding the three variables Promotion, Product Quality, and Brand Image have an influence on Buying Interest in Nokia consumers in Bengkulu City

Keywords: promotion, product quality, brand image, purchase interest

References

Abdul Manap. 2016. Revolutin Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, Mitra Wacana Media, Jakarta.

Adhi Satria, D, & Sidharta, H, (2017) “Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Porkballâ€. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Vol. 2. No 3. pp. 398-408.

Aryandi, J., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 117-127.

Arifin, Endro & Fachrodji, Achmad (2015) “Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Ban Achilles Di Jakarta Selatanâ€. Jurnal MIX, Vol. 5. No. 1. pp. 124-143.

Buchari Alma., 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran. Ombak: Yogyakarta

Daryanto, 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.

Durianto, Darmadi. 2013. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek ( cet. Ke-10). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Fandy Tjiptono, 2011, Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, Andi, Yogyakarta.

Ferdinand, Augusty . 2006. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Garvin, David A. StrategiPemasaran.Yogyakarta: Andi.2016.

Ghozali, Imam.2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi (Cetakan ke-7). Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hakim, H. Lukitaningsih, A. Dkk (2019) “Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda di Kota Yogyakartaâ€. Jurnal Ekobis Dewantara, Vol. 2 No. 3. pp. 18-23.

Halim, Niko R. & Iskandar Donant A. (2019) “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Persaingan Terhadap Minat Beliâ€. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, Vol. 4 No. 3. pp. 415-424.

Https://bengkulukota.bps.go.id, Diunduh pada tanggal 07 Januari 2021, Pukul 13:30 WIB

Kotlerdan Amstrong,2012. Prinsip-PrinsipPemasaranEdisi 13 JilidSatu ,Jakarta:Erlangga

Kotler dan keller.2012, Manajemen Pemasaran Edisi Kedua belas,Jakarta:Erlangga

Kotler, P., & Armstrong, G., (2012). Principles Of Marketing Global. USE: Pearson Education, 6, 47-48.

Kotler, Philip. & Gary Armstrong. (2014). Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip. 2015. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jilid I. Prenhallindo.Jakarta.

Latief, Abdul (2018) “Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa)â€. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol. 7 No 1. pp. 90-99.

Mowen, John C dan Minor, Micheal.PerilakuKonsumen dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Jakarta : Erlangga.2012

Munandar, J. A., & Onsardi, O. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Sumsel Babel Kcp Tanjung Sakti. (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(1), 43-52.

Nurirawan, M.R, (2020) “PengaruhKualitasProduk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt. Satria Nusantara Jayaâ€. Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, Vol. 5 No 2. pp. 140-153.

Prawira, B, & Kerti Yasa, N. N, (2014) “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung Di Kota Denpasarâ€. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), pp. 3642-3658.

Retnowulan, Julia (2017) “Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli Smartphone Xiaomiâ€. Jurnal Cakrawala, Vol. 17 No. 2. pp. 139-145.

Saputra, Rendy & Hermanto(2019) “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen Produk Smartphone Xiaomi (Studi Kasus di Jakarta Barat)â€. Business Management Journal,Vol. 15 No. 1. pp. 1-11.

Satria, Adi A. (2017) “Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36â€. Jurnal Manajemen dan Start—Up Bisnis, Vol. 2 No. 1. pp. 45-53.

Satria, Daniel A. & Sidharta, Helena (2017) “Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Porkballâ€. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis,Vol. 2 No. 3. pp. 398-408.

Schiffman, L., dan Kanuk, L. (2012). Consumer Behavior. 10th Edition. Pearson Prentice Hall.New Jersey.

Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku Konsumen Edisi Revisi. Jakarta : PT. Kharisma Putra Utama

Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Subagyo.2010. Marketing in Bussines edisi pertama ,Jakarta:Mitra Wacana Media.

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantatif, Kuantatif dan R&D. (Bandung: ALFABETA).

Toyib, R., Onsardi, O., & Muntahanah, M. (2020). Promosi Produk Pertanian Dan Kerajinan Menggunakan Website Serta Pembukuan Sederhana di Desa Sido Dadi Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3(1).

Tjiptono, Fandy. 2015. Brand Management & Strategy. Andi.Yogyakarta.

Ubat Ati, P.S, Islamuddin, dkk (2020) “Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Elektronik Merek Polytronâ€. Jurnal Etrepreneur dan Manajemen Sains (JEMS), Vol. 1 No 2. pp. 168-174.

Wijaya, Indriany M. (2013) “The Influence Of Brand Image, Brand Personality And Brand Awareness On Consumer Purchase Intention Of Apple Smartphoneâ€. Jurnal EMBA, Vol. 1 No. 4. pp. 1562-1570.

Wijaya, Toni, 2011, Manajemen kualitas jasa (Desain Servqual, QFD, dan Kano), PT. Indeks, Jakarta.

Wijayasari, N. & Mahfudz (2018) “Pengaruh Brand Image, Kualitas, Persepsi Harga Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sarung Gajah Duduk Di Kabupaten Pekalonganâ€. Diponegoro Journal Of Management, Vol. 7 No. 2. pp. 1-7.

www.topbrand-award.com diunduh pada tanggal 08 Oktober 2020

Zulviani, M, & Akramiah, N, dkk (2019) “Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Tas “Sophie Martin Parisâ€. Jurnal EMA - Ekonomi Manajemen Akuntansi,Vol. 4 No. 1. pp. 1-13.

Downloads

Published

2021-07-31

Issue

Section

Articles