PENGARUH PROMOSI DI MEDIA SOSIAL DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE MS GLOW
DOI:
https://doi.org/10.61567/jmmib.v2i1.36Abstract
This study aims to determine the effect of promotion through social media, and word of mouth on the decision to purchase Ms Glow Skincare (Study on FEBI UM Bengkulu Students). This type of research is a survey research with a quantitative approach, the object of this research is FEBI UM Bengkulu students who use Skincare Ms Glow. With the sampling method, namely the non-propability technique, namely the residential sampling technique. The number of respondents in this study was 70 people. The data collection method used a questionnaire. By using analysis techniques using Multiple Linear Regression Analysis Test, and Hypothesis Test, namely test t and test f. The results of this study can be concluded that the promotion variable through social media Skincare Ms Glow has a positive effect on purchasing decisions, word of mouth (WOM) has a positive effect on purchasing decisions.
Keywords: Promotion, Social Media, Word Of Mouth, and Purchase Decisions.
References
Afifah, 2014. Efektifitas Media Instagram Dan E-Wom (Electronic Word of mouth) Terhadap Minat Beli Serta Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Ipteks Universitas Airlangga
Aryandi, J., (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 117-127.
Atmoko, 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Sosial.
Babin, Barry J; L,Yong-Kie; Kim,Eun-Fu; dan Griffin, Mitch (2005)“ Modelling Consumer satisfaction and word-of-mouth: restaurant patronage in Korea. Journal of Service Marketing, 19, 133-139.2005.
Boyd. 2000. Social networksites: Definition, history, and scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication.Sosial Media
Dharmmaesta, 2014. Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta
Dharrmmaesta,2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.
Dikdik Harjadi (2008), WOM Communication sebagai Alternatif Kreatif dalam Komunikasi Pemasaran Vol 4, No 8, 72-74 diakses pada 16 Oktober 2012 dariwww.equilibrium.com.
Goyette, Ricard, Bergeron, dan Marticotte (2010) “Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Contextâ€. Jurnal Word of mouth. Dalam Dimensi Word of mouth.
Gozali, 2016. Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS, Cetakan Keempat. Semarang. Universitas Diponegoro.
Gunelius, 2011. 30-minute Sosial Media Marketing. United States. McGraw-Hill Companies.
Hair dkk, 2010. Perilaku Konsumen di Era Internet, Yogyakarta:Graha Ilmu
Hauer, 2010. Perilaku Konsumen Alih bahasa Zulkifli Kasip. Jakarta: PT. Indeks Group Gramedi.
Hermawan, 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Erlangga.
Huck dan Cornier, 2016. Understanding Social Media. London. Ventus Publishing ApS.
Kotler & Keller , 2009. Marketing Management New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler, 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta :Erlangga
Kotler dan Amstrong, 2017. Marketing Managemet. Edisi 16 Global Edition. Pearson.
Kotler dan Keller, 2009. Dasar-Dasar Pemasaran, jilid I, Jakarta: PT Prenhallindo
Lupiyoadi, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek, penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Martin L.Bell Swastha dan Irawan (2011) Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Munandar, J. A., & Onsardi, O. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Sumsel Babel Kcp Tanjung Sakti. (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(1), 43-52.
Muhammad Rafli Hidayah (2017) Pengaruh Desain Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Motor Sport Yamaha 150cc Di Kabupaten Klaten (Studi Kasus Pada Komunitas Motor Sport Yamaha 150cc se-Kabupaten Klaten).
Narmuko dan Achmadi (2016:44) Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Pamungkas, 2016. Word of mouth Sebagai Efek Respon Positif Dari Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Pembelian Kembali: Studi Kasus Mahasiswa Sebagai Konsumen Yoghurt Activia. Jakarta.
Peter dan Olson, 2015. Consumer Behavior, Perilakukonsumen dan Strategi Pemasaran.Jilid kedua, Edisi Keempat. Terjemahan Damos Sihombing dan Peter Remy Yossi Pasla. Jakarta: Erlangga.
Rani Suryani, 2018. Fungsi Whatsapp Grub Shalilah Cabang Bandar Lampung. Sebagai Pengembangan Media Dakwah Dalam Membentuk Akhla kul Karimah.
Rizki Hakiki, 2018. Aplikasi Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Shop.Universitas Pembangunan Nasional Veteran. Surabaya
Sernovitz, 2009. Word of mouth Marketing. Amerika. Greenleaf Book Group Press.
Setiadi, 2016. Konsep Pemasaran, Erlangga, Jakarta
Simamora, 2002. Paduan Riset Perilaku Konsumen, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Sonatasia, D., dan Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta
Sumardy, 2011. The Power of Word of mouth Marketing. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Sumarwan, 2014. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Cetakan Pertama, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sutisna, 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Cetakan Ketiga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Thoyibie, 2010, Psikologi Social Media.http://komunikasi-indonesia.org. Diakses tanggal 2 Oktober 2020.
Tjiptono, 2008. Pemasaran Strategi.Yogyakarta:Andi
Toyib, R., & Muntahanah, M. (2020). Promosi Produk Pertanian Dan Kerajinan Menggunakan Website Serta Pembukuan Sederhana di Desa Sido Dadi Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3(1).
Van Dijk Nasrullah, 2015. Media Sosial. Bandung:Simbiosa Rekatama Media
Weinberg, 2009. Mpact of Social Media on Consumer’s Buying Decisions. Abhinav National Monthly Refereed Journal of Research in Commerce & Management. Vol.3, No. 7:1-7.
Yesi Purnama Sari (2019) Pengaruh Brand Trust Dan Word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Elzatta Di Kota Bengkulu
Yuwan Soelistio (2016) pengaruh persepsi harga, promosi, dan kualitas layanan terhadap minat pembelian ulang Jasa Paket Pos Indonesia (Studi Pelanggan Pos Indonesia di Universitas Negeri Yogyakarta).
Zarella, 2010 The Social Media Marketing Book. PT. Serambi Ilmu Semesta:Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL MANAJEMEN MODAL INSANI DAN BISNIS (JMMIB)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.